Tips Serah Terima Apartemen

 

Karena sebentar lagi serah terima kunci Apartemen GreenBay Pluit jadi gue sempetin sebentar buat cari artikel tips serah terima apartemen supaya terhindar dari kecewa di kemuadian hari .. hohohoho

Seringkali banyak konsumen (pembeli apartemen) bingung dengan kondisi berikut. Kondisi satuan unit apartemen yang konsumen beli telah selesai dibangun oleh pihak developer dan siap untuk diserahterimakan, tapi mereka belum melunasi apartemen yang dibeli karena masih dalam tahap cicilan. Pertanyaannya adalah, legal dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk melindungi konsumen dan developer, bila rencana serah terima tetap akan dilakukan sedangkan apartemen yang dibeli belum lunas?

Secara hukum terdapat 2 (dua) alternatif legal dokumen yang dapat digunakan bagi para calon pembeli apartemen yang belum lunas, yakni membuat Addendum Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB) atau Perjanjian Pinjam Pakai.

Berikut tips serah terima apartemen yang saya sadur dari internet dan milis.

Sebelum Serah Terima :

1. Siapkan dokumen yang di perlukan (terlampir dalam surat undangan/panggilan)

2. Menjadi emosi untuk tetap stabil yaitu tidak terlalu gembira/senang saat sertim karena ini jadi kelemahan kita dalam pengecekan fisik. Dan biasanya akan tergesa-gesa.

3. Siapkan beberapa bola lampu ( 5 lebih bagus) karena ada 5 titik lampu.

4. Bawa charger HP untuk cek fungsi stop kontak/fitting lampu.

5. Jangan menandatangani blanko kosong.

 

Saat Serah Terima :

1. Jangan tergesa-gesa, santai aja

2. Cek meteran air sebelum masuk, apakah berangka nol ?, maksimal angka 1 atau 2, karena tukang memakai saat pembersihan unit.

3. Perhatikan pintu utama apakah masih mulus atau sudah cacat garis (scratch) bagian depan dan belakang. Termasuk sambungan ke kusen pintu apakah presisi, karena ada rekan yang kusennya hampir roboh karena tidak presisi.

4. Sebelum masuk ke unit, sebaiknya coba membuka kunci/tutup kunci.

5. Cek fisik satu persatu, mulai dari lantai (miring atau tidak), dinding bergelombang, pipa-pipa air, sink kitchen, kran air kamar mandi, air toilet, karet-karet jendela, kunci pintu balkon,

6. Cek warna keramik kamar mandi, banyak yang berbeda warna,

7. Cek warna dinding, apakah ada bekas rembesa air ? biasanya di sekita jendela

8. Cek meteran listrik.

9. Cek pipa pembuangan di balkon, apakah ada rembesan

10. Periksa detil sudut- sudut. Jika semuanya baik atau ok, jangan lupa baca dengan seksana Berita Acara Serah Terima (BAST), jika kita ragu, jangan malu bertanya. Tetapi jika ada salah satu yang tidak baik/cacat fisik sebaiknya anda minta di tunda dulu sertimnya sambil menunggu perbaikan. Karena jika kita sudah menandatangani BAST maka segala kewajiban harus kita penuhi yaitu iuran singking fund, rekening listrik, rekening air (sekitar 2 jutaan), sementara kita tidak bisa langsung huni karena perbaikan memerlukan waktu 2 sampai 3 minggu. Berapa banyak kerugian yang kita tanggung ? Jika kita berhati-hati dan teliti maka kita juga yang akan menikmatinya.


Leave a Reply

comments-bottom

Featured Photos

Sunset Uluwatu, Bali – Indonesia... Posted by author icon Anton Bun Feb 9th, 2017 | no responses
#1 Prewedding Phang dan Olivia... Posted by author icon Anton Bun Sep 11th, 2016 | no responses
Kawah Ratu Gunung Papandayan... Posted by author icon Anton Bun Aug 30th, 2016 | no responses

Top Rated

Amazing Marina Bay Singapore... Posted by author icon Anton Bun
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (4 votes - 5.00 / 5)
Loading...
Concave Beauty Posted by author icon Anton Bun
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes - 5.00 / 5)
Loading...
Sidewalk Posted by author icon Anton Bun
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes - 5.00 / 5)
Loading...
Posted by Dospel & GanjaParker